Tokoh

Inilah Profil Fia, Sang Penyumbang Medali Emas UIN KHAS Jember di Ajang Porsi Jawara 1

Jember,  Portal Jawa Timur – Adzyraatul Luthfyah. Orangnya periang, dan cepat akrab dengan lawan bicara. Masih muda, namun prestasinya layak diacungi jempol.

Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember beruntung mempunyai mahasiswi yang akrab disapa Fia ini. Melalui lengkingan suaranya dalam melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an, Fia berhasil meraih juara 1 cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pekan Olahraga Seni, dan Ilmiah se-Jawa Madura (Porsi Jawara) 1yang digelar di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember tanggal 1-5 November 2023.

Baca Juga: Rektor UIN KHAS Jember Jelaskan 5 T Makna ‘Unity in Diversity’

Dengan demikian, Fia berhasil menyumbang sekeping medali emas untuk almamaternya.

Fia lahir di Lumajang, tepatnya di Desa  Karangbendo, Kecamatan Tekung, saat kalender menunjuk angka 9 Agustus 2001. Anak pertama dari dua bersaudara ini, sejak kecil mengaku senang tilawah, membaca Al-Qur’an dengan tartil.

Baca Juga: Lepas Kontingen Porsi Jawara 1, Rektor UIN KHAS Jember: Target Kami Bukan Sekadar Juara

Awalnya Fia belajar kepada ayahnya, Bahrul Ulum, dan terus berlanjut hingga Madrasah Ibtidaiyah (MI). Walaupun sibuk dengan sekolah, namun semangat Fia untuk belajar tilawah tak pernah kendor. Adalah ayah dan ibunya yang terus memberikan semangat untuk belajar tilawah.

Meski demikian, ia mengaku tak punya target kecuali hanya hobi saja.

“Saya senang saja karena memang mulai kecil sudah suka tilawah,” ujar Fia di kampus UIN  KHAS Jember, Sabtu (4/11/2023).

Hobinya belajar tilawah terus berlanjut hingga kuliah di UIN KHAS Jember. Di kampus ini ada pembinaan tilawah digelar seminggu sekali yang diasuh Ustadz Herman. Suasana kampus yang relijius membuatnya, betah untuk terus belajar tilawah.

“Kami berharap agar pembinaan di sini semakin ditingkatkan karena saya yakin di kampus ini masih banyak yang punya bakat tilawah,” urai Fia.

Sebulan yang lalu, Fia juga meraih juara 1 dalam MTQ Provinsi Jawa Timur di Pasuruan, dan bersiap-siap mengikuti seleksi lagi untuk ajang MTQ tingkat nasional.

Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN KHAS Jember ini, masih mempunyai banyak waktu untuk mengukir prestasi di berbagai ajang dan kelas. Dan tentu saja, nama UIN KHAS Jember ikut harum lantaran berjasa memoles keterampilannya ber-tilawah (Jbr-1/(Aryudi AR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button