News

Pasar Murah Dibuka, Wakil Bupati Jember Sebut Akan Dikolaborasikan dengan Koperasi Pondok Pesantren

Jember,  Portal Jawa Timur – Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar pasar murah di Alun-alun Jember selama Ramadan. Pembukaan pasar murah dimulai Sabtu (25/3/2023) malam yang ditandai dengan peninjauan lapangan oleh Wakil Bupati Jember KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman.

Pasar murah tersebut menyediakan aneka kebutuhan sehari-hari hingga pakaian dan segala tetek bengik kebutuhan masyarakat, dengan harga murah meski tak murah-murah amat.

Menurut Gus Firjaun, sapaan akrabnya, pasar murah dimaksudkan untuk membangkitkan perekonomian Jember sekaligus mengembangkan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sebab bagaimanapun UMKM merupakan entry point perkembangan ekonomi di tingkat bawah.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian seperti tahun lalu, bahkan bisa lebih,” jelasnya dalam sesi wawancara dengan para wartawan.

Dengan pasar murah dan roda ekonomi bergerak signifikan, maka tentu akan berpengaruh pada terjaganya inflasi.

“Jika pendapatan masyarakat meningkat, kebutuhan tercukupi, Insyaallah harga-harga juga bakal stabil,” paparnya.

Pasar murah, lanjut Gus Firjaun, merupakan wujud kerja sama dari seluruh stakeholder seperti Bank Indonesia, Bulog, dan lain sebagainya. Tujuannya, agar pasar murah dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Apalagi dengan berbagai produk yang harganya terjangkau,” jelasnya.

Gus Firjaun menambahkan, nantinya akan ada pelaku usaha dari koperasi pondok pesantren (Koppontren) yang akan bergabung di pasar murah. Koppontren juga dapat dikolaborasikan dengan pasar murah, apalagi jika berkaca pada kesuksesan penyelenggaraan pasar santri tahun lalu.

“Harapannya, kegiatan ini juga membuat masyarakat lebih produktif. Yakni, dengan mencari peluang berdagang untuk menekan angka pengangguran,” ungkapnya.

Sedikitnya, terdapat  240 pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam pasar murah ini. Tidak sekadar menyediakan kebutuhan sehari-hari dan pakaian, tapi di pasar murah itu juga disediakan arena dan fasilitas bermain anak-anak.

Dalam peninjauan pasar murah tersebut, Gus Firjaun didampingi Pj. Sekdakab Jember Arief Tyahyono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hendro Soelistijono, Kepala Disperindag & ESDM  Jember, Bambang Saputro, dan Kepala Diskopum Jember Sartini (Jbr-2/AAR).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button