Tak Berkategori

Dengan Safari Salat Jumat, Camat Arjasa Jember Berupaya Tekan Stunting

Jember,  Portal Jawa Timur – Camat Arjasa Kabupaten Jember H Achmad Fauzi punya cara tersendiri untuk menekan angka penderita stunting, yaitu dengan melakukan Safari Salat Jumat. Seperti yang dilakukannya Jumat (15/9/2023) kemaren, Fauzi melakukan salat Jumat di Masjid Al-Hidayah Dusun Darungan Desa Kemuninglor  Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Ini adalah kali kedua mantan Camat Semboro itu melakukan Safari Salat Jumat. Jumat lalu ia menggelar salat Jumat di Masjid Babussalam Desa Kamal Kecamatan  Arjasa.

“Ya titik tekan dari Safari Salat Jumat ini adalah sosialisasi penurunan angka penderita stunting,” ucapnya di sela-sela acara.

Baca Juga: Wabup Jember Sebut Stunting Nyaris Sama Dengan Covid-19

Namun tentu bukan semata-mata penanganan stunting yang menjadi misi dalam Safari Salat Jumat tersebut.  Terlalu sayang jika hanya untuk stunting, Fauzi juga menggelar silaturahmi dengan takmir masjid dan para tokoh masyarakat setempat. Termasuk di antaranya adalah pemberian al-Quran kepada takmir Masjid Al-Hidayah.

Baca Juga: Angka Kemiskinan Berkurang di Jember, Jumlah Penerima Bantuan Beras 10 Kg Menurun

Sementara di halaman masjid, juga digelar pemeriksaan kesehatan jamaah dan warga sekitar masjid oleh Puskesmas Arjasa. Ini juga penting sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat, lebih-lebih saat ini cuaca cukup ekstrem sehingga membuat warga mudah terserang penyakit.

“Kita menghadirkan Puskesmas setiap digelar Safari Salat Jumat, gratis bagi yang mau periksa,” jelasnya.

Di ujung acara, Camat Arjasa dan rombongan mengunjungi kediaman 2 anak yang tergolong stunting, yaitu Ahmad Nasir, umur 36 bulan dan M. Irzam Rafian S, umur 7 bulan. Tentu bukan hanya sekadar dikunjungi tapi diberikan penanganan seperlunya untuk mengobati dan mencegah stunting dua anak itu.

“Karena kami juga bawa tim dokter dari Puskesmas Arjasa,” tambah Fauzi.

Kunjungan dilanjutkan ke sejumlah rumah warga kurang mampu untuk diberikan santunan.

Safari Salat Jumat itu juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Arjasa, Kepala KUA dan jajarannya, dokter Kepala Puskesmas Arjasa bersama tim, Sekcam bersama semua Kasi dan staf, dan Ketua MWC NU Arjasa (Jbr-1/AAR).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button