Birokrasi

Pembinaan Perangkat Desa RT-RW, Camat Fauzi Minta Perangkat Desa Arjasa Bantu KTP Warga

Jember,  Portal Jawa Timur – Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan ‘barang’ yang sangat berharga. Sebab, hampir semua urusan memerlukan KTP. Namun tidak sedikit warga yang KTP-nya bermasalah sehingga banyak urusan yang terkendala gara-gara tak punya KTP atau KTP-nya sudah mati.

Baca Juga: Kolaborasi Pemkab Jember dengan Kejari Kian Mesra, Aset Puluhan Miliar Terselamatkan

Karena itu, dalam ajang Pembinaan Perangkat Desa RT-RW Desa Arjasa di balai desa setempat, Senin (16/10/2023), Camat Arjasa H Achmad Fauzi merasa perlu mengingatkan perangkat desa untuk membantu warga yang KTP-nya bermasalah. Katanya, sesuai dengan Permendagri Nomor 18/2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa. Di siu disebutkan bahwa salah satu tugas RT-RW adalah membantu kepala desa dalam administrasi kependudukan.

Baca Juga: Koleksi 73 Poin, Kafilah Jember Raih Peringkat ke-6 MTQ XXX Jatim 2023

“Untuk itu setelah pertemuan ini, saya berharap RT-RW dapat mengecek kembali apakah warganya masih ada yang belum memiliki KTP, atau belum memiliki e-KTP dan kartu keluarga,” ucapnya di sela-sela acara.

Menurut Ustadz Fauzi, KTP adalah hal yang sangat penting sebagai identitas diri. Tidak kanya sebagai identitas diri tapi juga sebagai persyaratan dalam berbagai subsidi dari pemerintah. Pendataan calon penerima bantuan dari pemerintah, dasarnya adalah Nomor Induk Kependudukan (Nomor KTP).

“Faktanya, masih ada warga yang secara ekonomi memang berhak mendapatkan bantuan tapi karena KTP-nya tidak ada, bantuan tidak bisa diberikan,” jelasnya.

Peserta pembinaan adalah perangkat desa, RT-RW Desa Arjasa

Mantan Camat Semboro itu meminta RT-RW didampingi perangkat desa agar mengecek ulang setiap rumah di lingkungannya untuk memastikan kelengkapan administrasi  kependudukan penghuninya. Nama-nama yang belum memiliki KTP dan sebagainya dicatat untuk dibantu diselesaikan.

“Nanti akan kita layani bersama-sama melalui kegiatan on the spot, yaitu kegiatan jemput bola oleh Dispenduk di desa setempat,” urainya.

Pembinaan Perangkat Desa RT-RW merupakan program baru Camat Arjasa yang digelar setiap hari Senin, dan dilakukan secara bergiliran di tujuh desa di wilayah Kecamatan Arjasa. Program ini intinya adalah pembinaan bagi perangkat desa dan RT-RW agar paham tugas dan fungsinya

Program lainnya yang digagas Camat Arjasa adalah  Safari Salat Jumat (JBr-1/AAR).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button