Pendidikan

Tahun Ini Pemkab Jember Kucurkan 2.000 Beasiswa Mahasiswa untuk Santri

 Jember,  Portal Jawa Timur – Kabar gembira berhembus untuk mahasiswa yang nyantri. Pasalnya, tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Jember bakal menggelontorkan beasiswa untuk santri yang kuliah. Sebelumnya, santri tidak masuk dalam kategori penerima beasiswa mahasiswa. Dengan demikian, penerima beasiswa mahasiswa menjadi empat kategori, yaitu beasiswa fakir miskin, beasiswa prestasi, beasiswa untuk guru dan perangkat, dan beasiswa untuk santri yang kuliah.Tapi eksekusi beasiswa untuk empat kategori itu masih menuggu kelarnya Peraturan Bupati (Perbup) yang saat ini masih disusun.

“Kami masih nunggu terbitnya Perbup, tapi sebentar lagi akan selesai,” ujar Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Jawa Timur, Hadi Mulyono kepada awak media ini di sela-sela Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Kabupaten Jember di aula SMKN 2 Jember, Rabu (8/2/2023).

BACA JUGA:

Beasiswa untuk Kategori Santri, Kenapa Tidak?

 

Hadi menambahkan, total anggaran untuk beasiswa mahasiswa tahun ini mencapai sekitar Rp50 Miliar. Kriteria dan persyaratannya tak jauh beda dengan kriteria  tahun-tahun sebelumnya. Masing-masing mahasiswa menerima Rp5 juta selama setahun.

“Nanti jika saat pendaftaran beasiswa dibuka tentu akan diumumkan. Untuk santri jatahnya sekitar 2.000 mahasiswa,” jelasnya.

Secara terpisah, anggota Komisi D DPRD Jember Dannis Barlie Halim mengatakan keputusan Pemkab Jember untuk mengakomodasi santri dalam program beasiswa mahasiswa patut diapresiasi. Sebab, itu  merupakan harapan banyak masyarakat.

“Sudah selayaknya santri mendapat beasiswa mahasiswa,” ujarnya.

Menurut anggota Fraksi Partai NasDem DPRD Jember itu, suara masyarakat yang menginginkan adanya beasiswa untuk santri sudah lama digemakan. Keinginan itu, katanya, tidak berlebihan lantaran Jember adalah gudangnya pesantren.

“Mereka juga perlu diakomodasi dengan beasiswa-beasiswa yang ada,” pungkasnya (Aryudi AR).

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button